Perbedaan AMDK Dengan Depot Air Minum Isi Ulang

Perbedaan AMDK Dengan Depot Air Minum Isi Ulang

Berikut ini penulis mencoba menjelaskan beberapa hal Yang Membedakan antara AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Dengan DAMIU (Depot Air Minum Isi Ulang), sebagai berikut ini :
Yang Membedakan Pertama : Cara Menjualnya
DAMIU (Depot Air Minum Isi Ulang) cara menjualnya cukup mudah, tidak ada aturan tertentu, customer/pembeli datang ke lokasi depot anda bawa galon merk yang bermacam-macam misal bawa galon merk A, bawa galon merk B, bawa galon merk Indomaret, bawa galon merk Alfamart bisa anda layani bisa anda isi air galonnya. ibuk-ibuk rumah tangga datang ke lokasi depot anda bawa jerigen kosong juga bisa anda layani bisa anda isi air jerigen nya, tukang becak datang ke lokasi depot anda bawa botol kosong juga bisa anda layani bisa anda isi air botol kosong nya tersebut.

Namun, untuk AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) cara menjualnya harus di kemas secara khusus, dengan menggunakan merk/brand khusus, misal anda mempunyai pabrik AMDK dengan merk AQUA Fresh, maka air minum dalam kemasan galon, air minum kemasan botol dan air minum kemasan cup/gelas yang akan anda jual, harus di kemas  dengan merk AQUA Fresh tersebut, bahkan galon yang digunakan untuk mengisi air pun harus di emboss (dikasih huruf timbul) dengan merk AMDK anda itu tadi.

Yang Membedakan Kedua : Dari Sisi Proses Produksi/Proses Kerjanya
Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Air Minum Isi Ulang (DAMIU) memiliki proses kerja yang mirip (hampir sama) tetapi, disiplin kerja/pengawasan/peralatan dll dari setiap proses produksi/proses kerjanya sangat berbeda. Penulis mencoba uraikan dalam bentuk tabel seperti dibawah ini supaya lebih mudah dipahami :

Keterangan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) DAMIU (Depot Air Minum Isi Ulang)
Prosedur Pengoperasian/ Proses Produksi Pengawasan proses produksi lebih ketat, AMDK memiliki SOP (Standard Operating Prosedur) khusus. Pengawasan proses produksi cukup mengikuti peraturan dari dinas kesehatan setempat yang biasanya di pantau oleh pegawai puskesmas kecamatan stempat.
Laboratorium Harus punya laboratorium sendiri, dengan standar minimal tertentu, dan alat-alat lab. Tersebut harus melalui proses kalibrasi oleh lembaga terakreditasi, dan dalam jangka waktu tertentu alat-alat lab. Tersebut juga harus di kalibrasi ulang. Tidak perlu punya lab. sendiri, sampel air minum cukup dibawa ke BLK (Balai Laboratorium Kesehatan) setempat atau lab. Dinas Kesehatan setempat, atau bisa menghubungi pegawai puskesmas kecamatan setempat untuk dibantu diambilkan sampel air nya untuk di bawa ke lab. untuk diuji
Sekat Ruang Sekat/ pemisah ruang yang jelas antara ruang mesin, ruang filling/ pengisian, ruang lab. bakteri, ruang lab. Kimia, lab. Fisika, dll. Tidak perlu ada sekat yang terstandar
Perijinan Harus punya SNI dengan biaya yang tinggi atau langsung BPOM RI, dan juga Halal MUI Cukup mempunyai 1 lembar hasil uji lab. Dinas Kesehatan sesuai PerMenKes saat ini (biasanya bisa dibantu oleh pegawai puskesmas kecamatan setempat)
Proses filterisasi Lebih terstandar dari item media filter yang digunakan, kelayakan proses sterilisasi, plumbing/pipanisasi harus standar foodgrade dll. Pengawasan dan proses filterisasi dengan item media tidak terstandar
Lokasi Area Lokasi khusus dengan perijinan IUI (Izin Usaha Industri) Bisa dilingkungan perumahan atau di kawasan hunian pada umumnya
Ijin Usaha Minimal harus berbentuk badan usaha seperti CV. atau yang lebih tinggi lagi yaitu berbentuk PT. Cukup perseorangan saja.
Perbedaan AMDK Dengan Depot Air Minum Isi Ulang

Foto : Contoh Partisi Lemari Etalase Untuk DAMIU (Depot Air Minum Isi Ulang) dan Contoh Untuk Mesin Filling Cup/Gelas untuk AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Demikian informasi dari penulis mengenai Perbedaan AMDK Dengan Depot Air Minum Isi Ulang

Terimakasih, Semoga Kesuksesan, Kesehatan & Kebahagiaan Senantiasa Dilimpahkan Kepada Bapak/Ibu Sekeluarga Sekalian referensi. oiya, untuk pemesanan Paket Alat Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) anda bisa menghubungi kontak INVIRO Disini

Best Regards,
Said Muhammad.

Related Post "Perbedaan AMDK Dengan Depot Air Minum Isi Ulang"

Bagaimana Cara Menggaji Karyawan Depot Air Minum Isi Ulang
Bagaimana Cara Menggaji Karyawan Depot Air Minum
Tips Memilih Karyawan Untuk Depot Air Minum Isi Ulang
Tips Memilih Karyawan Untuk Depot Air Minum
Petunjuk Singkat Perawatan Depot Air Minum Setelah Terpasang
Petunjuk Singkat Melakukan Perawatan Depot Air Minum

Leave a reply "Perbedaan AMDK Dengan Depot Air Minum Isi Ulang"