Kran Air Siap Minum (KASM) Dari INVIRO, Solusi Air Bersih Untuk Berbagai Area Publik

Diposting pada 49 views

Kran Air Siap Minum ~ Dewasa ini, jumlah sampah plastik di Indonesia semakin meningkat sehingga berdampak pada kebersihan lingkungan. Pasalnya, plastik merupakan jenis sampah yang penguraiannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk meminimalisir hal ini, seluruh lapisan masyarakat dapat berperan serta dalam membatasi penggunaan plastik. Namun, hal ini membutuhkan proses yang panjang karena kebanyakan produk selalu menggunakan komponen plastik.

Salah satu penggunaan plastik yang tak bisa dihindari adalah untuk keperluan minuman. Kita sering kali lupa membawa minuman dari rumah sehingga harus membeli air minum dalam kemasan plastik. Untungnya, di beberapa wilayah sudah terdapat Kran Air Siap Minum (KASM) yang bisa dijadikan alternatif bagi orang-orang yang tidak ingin membeli air minum dalam kemasan.

Apa Itu Kran Air Siap Minum (KASM) atau Drinking Fountain?

Kran Air Siap Minum (KASM) atau drinking fountain merupakan fasilitas yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan air minum yang aman secara cuma-cuma. Meskipun diambil dari kran, tetapi air dari KASM sudah melalui sistem reverse osmosis dengan triple filter dengan isi dan membran yang berbeda. Selain itu, juga dilakukan quality control secara berkala untuk memastikan kelayakan air untuk dikonsumsi.

Air tersebut sudah terbebas dari berbagai bakteri dan penyakit berbahaya karena membran di dalam KASM mampu menyaring segala bentuk kontaminan. Biasanya, air yang digunakan untuk KASM memang berasal dari sungai. Namun, masyarakat tak perlu ragu untuk mengonsumsinya karena KASM sudah dibekali dengan teknologi pembersihan yang canggih.

Reverse osmosis sendiri adalah teknologi yang juga digunakan oleh perusahaan air minum untuk menghasilkan air yang memenuhi standar kelayakan konsumsi manusia. Proses pengolahannya dimulai dari filterisasi untuk membuang berbagai material seperti pasir, kerikil, mangan, atau karbon. Setelah itu, air diolah dengan memanfaatkan dua membran, yaitu membran ultraviolet (UV) dan membran reverse osmosis (RO). Kedua membran ini biasa pula disebut dengan membran ultrafiltrasi.

Membran yang digunakan pada KASM memiliki pori-pori sekitar 0,01 mikron. Oleh karena itu, air dari KASM dipastikan layak konsumsi dan terbebas dari zat patogen. Dengan kata lain, keamanan air KASM sama dengan air minum dalam kemasan yang biasa dikonsumsi orang-orang.

Kran Air Siap Minum

Komponen Dalam Mesin KASM

Di masa sekarang ini sudah cukup banyak perusahaan yang menawarkan jasa pemasangan KASM, salah satunya adalah Inviro. Selain melayani jasa pemasangannya, Inviro juga menyediakan berbagai macam alat atau mesin KASM dengan berbagai pilihan harga. Semua alat dan mesin yang tersedia dijamin memiliki kualitas yang baik sehingga kualitas air juga tidak perlu dikhawatirkan.

Salah satu komponen paling penting dari KASM adalah bagian membrannya. Komponen ini dapat memisahkan air dari virus, bakteri, molekul, bahkan atom. Namun, semua alat yang ada di dalam KASM ini memiliki umur pemakaian. Sebenarnya, umur pemakaian dari masing-masing alat tergantung pemakaiannya. Umumnya, setiap komponennya memiliki masa pemakaian sekitar 5 hingga 7 tahun.

Untuk mendeteksi adanya kerusakan pada alat atau mesin, pengguna bisa menggunakan alat pendeteksi kerusakan. Dengan demikian, diharapkan KASM yang ada di Indonesia memiliki tingkat kebersihan dan kualitas yang hampir sama dengan negara-negara maju seperti Jepang, Korea, dan Singapura. Tiga negara tersebut memiliki program air siap minum yang sudah sempurna sehingga layak untuk dijadikan teladan.

Sebelum melaksanakan program air siap minum, negara-negara tersebut sudah memperbaiki struktur jaringan pipanya terlebih dahulu. Sehingga mereka tidak memiliki masalah yang besar dengan kebersihan air. Pengolahannya pun juga telah menggunakan teknologi yang canggih. Ke depannya Indonesia diharapkan dapat menyusul ketiga negara tersebut dalam hal pengolahan airnya.

Segmen Pasar Kran Air Siap Minum (KASM)

Segmen pasar Kran Air Siap Minum (KASM) adalah rumah-rumah warga dan fasilitas publik atau kawasan-kawasan yang sering didatangi masyarakat. Misalnya di bandara, halte bus, stasiun, tempat wisata, sekolah, tempat ibadah, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar orang-orang yang mendatangi tempat tersebut bisa mendapatkan air minum sesuai kebutuhannya tanpa harus membeli.

Biasanya, orang-orang memang datang ke area publik tanpa membawa air minum, sehingga adanya KASM akan sangat membantu. Belum lagi harga air minum dalam kemasan yang dijual di area publik yang ramai justru kebanyakan harganya lebih mahal dari toko-toko pada umumnya.

Terkadang orang-orang merasa sayang untuk mengeluarkan lebih banyak uang untuk sekadar membeli air minum dalam kemasan. Padahal, air sangat diperlukan tubuh agar tetap bugar dan fit, apalagi saat berada di keramaian.

Umumnya, pemasangan KASM melibatkan kerja sama antara PDAM daerah dengan pemerintah setempat. Pengadaan KASM di fasilitas publik merupakan salah satu langkah awal untuk menuju “drinking water from the tap” yang telah diamanatkan dalam PP Nomor 16 Tahun 2005. Dengan adanya KASM, masyarakat bisa lebih mudah dalam mendapatkan air minum yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas, dan kontinuitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pemasangan Alat/Mesin KASM ini Dikerjakan Oleh Teknisi INVIRO Yang Professional Dengan Pengalaman/Jam Terbang Yang Tinggi.

Air siap minum yang biasa dipasang di rumah atau fasilitas publik telah diolah oleh teknologi canggih secara higienis. Bagi orang yang super sibuk, KASM akan sangat membantu untuk bisa langsung meminum air yang bersih ketika membuka keran di rumah masing-masing.

Sementara itu, penggunaan KASM di area publik sangat membantu pengunjung yang tiba-tiba merasa haus tetapi tidak membawa air minum. Sehingga saat datang ke fasilitas publik yang menyediakan air siap minum, pengunjung hanya perlu membawa botol kosongnya saja. Dengan kata lain KASM adalah solusi bagi orang-orang yang ingin mendapatkan air minum yang bersih dan sehat serta terbebas dari bakteri tanpa harus membelinya.

Kenyataannya, ketersediaan air bersih masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi masyarakat Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa kondisi air di 10 dari 24 provinsi yang ada di Indonesia telah tercemar oleh bakteri e.coli dan zat-zat berbahaya lainnya. Adanya KASM di area publik membantu masyarakat untuk menghindari air-air yang tak layak minum dan berpotensi menyebabkan penyakit.

Namun, pemasangan KASM ini belum merata di seluruh wilayah di Indonesia. Sejauh ini beberapa kota yang sudah memiliki KASM antara lain adalah Surabaya, Jakarta, Depok, Bogor, Magetan, Padang, dan beberapa lainnya. Sayangnya, beberapa titik KASM tidak terawat dengan baik sehingga fungsinya juga menurun.

Untuk yang berminat untuk menggunakan jasa instalasi atau pemasangan KASM di daerah, Anda bisa memercayakan kepada Inviro. Selain menawarkan alat dan mesin yang berkualitas, Inviro juga memiliki teknisi profesional dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi. Dengan demikian, KASM yang dipasang bukan hanya berkualitas, tetapi juga kokoh dan tahan lama. Inviro selalu berusaha memberikan layanan yang memuaskan untuk seluruh pelanggannya. ref.

Sebagai masyarakat, kita juga diharapkan mampu mendukung pemerintah untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, terutama di bidang industri. Oleh karena itu, penting untuk mengadakan Kran Air Siap Minum (KASM) di lingkungan sekitar Anda. Selain itu, pemasangan KASM juga memudahkan masyarakat sekitar untuk bisa menikmati air minum tanpa perlu memasaknya. Hubungi CS INVIRO dan dapatkan harga promo terbaru Bulan September 2022 ini. grab it fast. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.