5 Tips Sehat Makan Daging Kambing

Diposting pada 21 views

5 Tips Sehat Makan Daging Kambing Agar Kolestrol Tidak Menigkat

Makan daging kambing menjadi salah satu pilihan menu makan yang paling banyak digemari, Agar bisa berdamai dengan kolestrol. Simak tips makan daging kambing berikut ini. Daging kambing bisa memberikan dilema tersendiri bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meskipun dikenal memiliki rasa yang sangat nikmat, dalam realitanya daging kambing memiliki reputasi sebagai bahan makanan yang kurang sehat. Lantas, apakah tidak ada cara yang aman agar kita bisa tetap menikmatinya?

Pakar kesehatan menyebut hobi makan daging kambing bisa saja memberikan dampak buruk bagi kadar kolesterol atau kesehatan jantung. Karena alasan inilah kita harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Berikut adalah 5 tips sehat makan daging kambing.
Dirangkum dari beberapa sumber, berikut adalah 5 tips sehat makan daging kambing yang bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar kolesterol.

Tips Sehat Makan Daging Kambing

1. Pilihlah Bagian Daging Tanpa Lemak

Sebelum mengolahnya, sebaiknya untuk memilih daging tanpa lemak atau daging dengan sedikit lemak.
Setiap bagian dari daging sapi memiliki kandungan lemak yang berbeda-beda. Ada beberapa bagian yang memiliki kandungan lemak tinggi, namun ada pula yang punya lebih sedikit lemak.

Sebelum mengolahnya, sebaiknya untuk memilih daging tanpa lemak atau daging dengan sedikit lemak. Ini dilakukan agar tubuh bisa mendapatkan asupan protein yang cukup sekaligus menjaga tak mengasup lemak berlebihan.
Bagian daging yang memiliki rendah lemak biasanya terdapat pada bagian has dalam, has luar, bagian tulang T atau T-bone, serta bagian leher atau pundak sapi.

Jika tidak hafal dengan bagian-bagian sapi, bisa dengan memperhatikan serat atau garis-garis putih yang ada pada daging tersebut. Bagian putih lemak pada daging biasa disebut marbling. Semakin banyak marbling berarti semakin tinggi pula lemaknya.
Untuk memperkaya rasa daging tanpa lemak, bisa dibuat jadi sop atau asem-asem daging, ditumis dengan sayuran ataupun diungkep dengan bumbu tambahan.

2. Olah Daging Lebih Sehat

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika mengolah daging masakan yaitu dengan membuatnya lebih sehat. Daging bisa dimasak dengan bumbu-bumbu rempah yang menyehatkan dan hindari mengolah daging dengan santan.
Ada Banyak menu daging yang bisa diolah tanpa menggunakan santan seperti dendeng manis, rawon, hingga soto.
Daging juga bisa dibakar menjadi sate atau dibuat daging panggang berempah ala Timur Tengah.

Tips Sehat Makan Daging Kambing

3. Tambahkan Sayuran dan Buah-buahan

Konsumsi daging bisa diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan berserat.
Konsumsi daging dalam jumlah banyak bukan hanya berdampak pada kolesterol tinggi, tetapi juga bisa berdampak pada usus dan pencernaan.
Karena itu konsumsi daging juga perlu diimbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan. Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Food Science menunjukkan bahwa dampak konsumsi daging merah pada kesehatan usus bisa dikurangi jika diimbangi dengan makan makanan berserat. Ilmuwan Chrissie Butts mengatakan bahwa sebagian besar protein akan dicerna dan diserap oleh usus kecil. Namun beberapa protein yang sulit dicerna (seperti daging), akan menghasilkan senyawa yang berpotensi beracun.

Ketika daging diolah menjadi tongseng atau sop, kamu bisa menambahkan tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Jika mengolah daging menjadi sate, bisa ditambah dengan acar mentimun. Acar mentimun bukan hanya akan menambah cita rasa, namun dapat sekaligus meluruhkan lemak jahat pada saluran pencernaan. Buah-buahan juga tak kalah penting, Setelah atau sebelum makan daging, pastikan tubuh mendapat asupan serat dari buah. Beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi seperti alpukat, apel, dan jeruk. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan menjaga kerusakan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol jahat. Sementara apel juga mengandung zat beta-glucan yang mampu mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

4. Membatasi Porsi

Meskipun daging sapi dan daging kambing bisa menjadi sumber protein, mineral, dan sejumlah vitamin bagi tubuh, namun nutrisi tersebut akan sia-sia jika kita mengonsumsinya secara berlebihan.
Untuk itu, sebaiknya porsi makan dibatasi. Setiap kali makan, pastikan untuk mengonsumsi secukupnya atau bisa diukur dengan porsi sedang. ref.

5. Minum Air Putih
Berdasarkan studi Ilmiah , mereka yang meminum air yang kaya hidrogen menunjukkan peningkatan kadar enzim antioksidan dan pengurangan besar dalam tingkat keasaman pada urin ,serta menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk kadar “kolesterol baik” HDL, dan pengurangan yang signifikan untuk “kolesterol jahat”.

 

Kangen Water adalah air putih bersifat alkali dan kaya antioksidan yang dihasilkan melalui kecanggihan teknologi dari Jepang melalui mesin ionisasi air alkali Kangen Water yang menggunakan tenaga listrik dengan proses yang disebut elektrolisis, membuat air putih biasa menjadi air putih penuh kualitas untuk menjadi air minum harian anda. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut sehubungan Mesin Kangen Water, Sekian informasi terbaru Februari 2023 mengenai 5 Tips Sehat Makan Daging Kambing Agar Kolestrol Tidak Menigkat, untuk pemesanan Mesin KANGEN Water bisa menghubungi ke kontak kami. Terimakasih.