Cara Kerja dan Manfaat Filter Air Demin Demineralisasi by INVIRO

Diposting pada 165 views

Cara Kerja Manfaat Filter Air Demin ~ Air yang keruh kini tidak lagi menjadi masalah karena bisa diatasi menggunakan teknik Water Treatment Plant (WTP) Demin/Demineralisasi. Melalui teknik ini, Anda bisa menjernihkan nya menjadi air yang berkualitas bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Nah, dalam pengolahan industri, teknik ini bekerja dengan sistem demineralisasi dimana proses ini akan menghilangkan zat berbahaya untuk pemurnian air.

Untuk menjawab permintaan pasar akan air bersih dan sehat, Inviro juga memperkenalkan paket produk alat WTP yang menggunakan sistem denim/demineralisasi. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini kami ulas informasi lengkap mengenai pengertian, cara kerja, manfaat, hingga segmentasi pasar alat WTP Demin/Demineralisasi.

Seputar Alat WTP (Water treatment Plant) Demin/Demineralisasi

WTP (Water Treatment Plant) atau lebih dikenal sebagai Instalasi Pengolahan Air (IPA) merupakan teknik yang bekerja guna mengolah air dalam bentuk baku yang terkontaminasi. Setelah melalui berbagai tahapan khusus, air WTP ini bahkan layak Anda konsumsi  karena memiliki standar mutu terbaik.

Teknik WTP Inviro menggunakan filter pengolahan air Demin/Demineralisasi. Bagi sebagian orang mungkin masih merasa awam dengan istilah ini. Nah, demineralisasi sebenarnya merupakan sebuah teknologi proses pengolahan air untuk menghilangkan mineral yang terkontaminasi sampai mendekati nol, bahkan nol TDS.

Mineral yang dihilangkan ini setidaknya mampu mengurangi kandungan kalsium dan magnesium pada air. Sebab di dalam air, baik itu air tawar, air hujan, dan air asin terdapat banyak senyawa mineral yang berbahaya bagi manusia dan hewan. Sehingga, ini perlu dimurnikan dengan bantuan alat WTP dari Inviro.

Air yang dihasilkan melalui proses demineralisasi pada alat WTP bisa digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk industri yang membutuhkan air dengan kapasitas besar. Diantaranya, terdapat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), Industri semikonduktor, hingga industri farmasi.

Cara Kerja Alat WTP Demin/Demineralisasi

Alat WTP dengan sistem Demineralisasi umumnya bekerja menggunakan resin penukaran kation dan anion dalam sebuah tabung atau dua buah tabung secara bersamaan. Sehingga, melalui teknik ini air yang diolah akan terjamin kemurniannya yang sebanding dengan air sulingan.

Proses demineralisasi filter menggunakan resin kation di sebelah kiri dan resin anion di sebelah kanan. Kedua resin tersebut berguna untuk menghilangkan kandungan kapur (CaCO3), Magnesium (Mg), dan Calsium (Ca). Berikut ini cara kerja alat WTP.

  • Air mentah masuk ke dalam tabung resin kation untuk ditukarkan dengan ion hidrogen.
  • Selanjutnya, pada tabung anion, air ditukarkan dengan ion hidroksil.
  • Ion hidrogen dan ion hidroksil akan membentuk senyawa khusus yang menghasilkan air murni.
  • Proses selanjutnya, regenerasi pada tabung ganda sederhana yang dilarutkan dari tabung kation asam klorida ke dalam tabung anion natrium hidroksida.
  • Kemudian, pada proses mixbed (tabung campuran), tingkat kemurnian air ditingkatkan dibandingkan proses kedua tabung tersebut.

Nah, untuk menjaga keselamatan, saat bekerja Anda juga harus menggunakan perlengkapan keselamatan yang memadai. Terutama, jika alat ini digunakan pada limbah kimia yang mengandung senyawa asam dan basa berbahaya. ref.

Cara Kerja Manfaat Filter Air Demin

 

Manfaat Air Demin/Demineralisasi Dengan Low TDS/TDS Rendah

Air Demin sangat baik bagi kesehatan tubuh karena memiliki kadar TDS rendah atau sama sekali tidak ada (TDS 0) sehingga air ini bebas dari kandungan bahan mineral dan aman diminum. Dulunya, orang mengkonsumsi air ini dari air embun di pagi hari, namun sekarang Anda bisa memprosesnya menggunakan alat WTP. Cara Kerja Manfaat Filter Air Demin

Nah, air demineralisasi dengan low TDS ini sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit untuk mempercepat proses penyembuhannya. Berikut manfaat lain dari air Demin dengan low TDS ini.

  • Sangat bagus digunakan sebagai air minum sehari-hari

Kebutuhan mineral dalam tubuh manusia bisa dipenuhi dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, sehingga mineral dalam air bisa dikurangi. Air demin dengan low TDS ini sangat dianjurkan bagi penderita gagal ginjal karena dengan meminum air rendah mineral ginjal akan bekerja lebih ringan.

Air rendah mineral yang jernih, bersih, murni, dan bebas polusi  ini aman diminum sehari-hari. Air ini diyakini sangat bagus bagi kesehatan, sebab diproses menggunakan sistem demineralisasi yang canggih sehingga bebas dari kuman, virus, dan bakteri lainnya.

  • Air Demin Low TDS cocok digunakan oleh industri perusahaan

Air yang terkontaminasi dengan berbagai zat berbahaya memang perlu diperhatikan, sebab mampu mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. Maka dari itu, air demin yang bebas dari kandungan magnesium dan kalsium ini sangat direkomendasikan bagi industri.

Misalnya, dalam industri Pertamina, air demineralisasi Low TDS ini diperlukan untuk menggerakkan pompa turbin karena mampu menghasilkan steam yang bebas mineral. Sebab, apabila air yang digunakan pada mesin boiler menggunakan senyawa mineral yang tinggi akan berubah menjadi racun yang berbahaya.

  • Aman digunakan pada laboratorium rumah sakit

Air demin kami ini proses pemurniannya menggunakan teknologi yang canggih dan terbaru mampu menghasilkan air demineral yang low TDS dan bebas korosi. Sehingga, kini banyak rumah sakit yang menggunakan air ini untuk keperluan uji labolatoriumnya.

Seperti, air ini sering digunakan pada ruangan operasi untuk mencuci tangan dokter saat hendak mengoperasi pasien. Selain itu, air demin ini juga bermanfaat sebagai input air Autoclave dan diperlukan pada mesin hemodialisasi.

Segmentasi Pasar Air dengan TDS Rendah

Alat WTP ini kini tidak hanya dibutuhkan pada bangunan perumahan saja, melainkan juga pada pabrik produksi kelapa sawit hingga industri besar lainnya. Nah, berikut beberapa segmentasi pasar air dengan TDS rendah.

  1. Hunian perumahan dan tempat pendidikan

Air dengan TDS rendah sangat sering dipakai pada hunian perumahan yang menawarkan gaya hidup sehat. Terlebih, bagi daerah yang kondisi tanahnya mengandung banyak zat besi dan airnya berwarna keruh, maka sangat disarankan menggunakan alat WTP ini.

Misalnya, Desa Caturtunggal, Depok telah memanfaatkan alat WTP Inviro untuk mengurangi kadar mineral airnya. Hal ini karena air di wilayah tersebut kurang layak untuk dikonsumsi sehingga membutuhkan alat WTP. Tidak hanya itu, kini perguruan tinggi negeri dan swasta juga sudah banyak yang menggunakan alat tersebut. Cara Kerja Manfaat Filter Air Demin

  • Industri-industri besar dan menengah

Air dengan TDS rendah biasanya digunakan dalam industri, seperti pabrik mesin ketel uap dan boiler, pabrik serat sintetis (kain nylon, rayon), pabrik elektronik (tv, komputer), serta industri farmasi.

Nah, salah satu perusahaan yang telah menggunakan produk WTP Inviro adalah PT Sinar Manunggal Perkasa Cikarang. Namun, sebelum itu, perhatikan pula karakteristik penggunaan yang perusahaan Anda butuhkan. Sebab, setiap limbah memiliki cara pengolahan dan penjernihan yang berbeda-beda pula.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Selain itu, air dengan TDS rendah ini juga kerap digunakan pada alat pembangkit listrik karena air ini digunakan sebagai umpannya atau feed water. Misalnya, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dan batubara juga memerlukan air rendah TDS ini.

Terbukti, salah satu Badan Tenaga Nuklir Nasional yang berlokasi di Yogyakarta juga menggunakan produk WTP Inviro untuk keperluan mengurangi kandungan magnesium dan kalsium pada air.

Itulah beberapa informasi menarik terkait Water Treatment Plant (WTP) yang bisa Anda pertimbangkan untuk membelinya. Nah, Anda juga tidak perlu bingung karena Inviro menawarkan produk beserta instalasi alat WTP terbaik menggunakan sistem demin/demineralisasi.

Untuk kualitas pekerjaan sudah terjamin bagus karena dikerjakan oleh teknisi yang profesional dengan pengalaman tinggi dan bergaransi resmi. Harga alat filter air Demin kami juga sangat murah dengan hasil air yang terjamin rendah TDS mendekati Nol, dan bahkan Nol. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Segera hubungi CS INVIRO dan dapatkan harga promo terbaru Bulan September 2022 untuk produk filter Demin/Demineralisasi ini. Terimakasih.