Mesin Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) by INVIRO™

Diposting pada 206 views

Air merupakan salah satu kebutuhan utama bagi setiap makhluk hidup di muka bumi. Tanpa adanya air, maka tidak akan tercipta kehidupan bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Nah, salah satu produk air yang layak diminum adalah Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproses menggunakan mesin berkualitas.

Maka dari itu, kini pabrik kemasan AMDK seakan menjadi primadona bagi pebisnis tanah air sebab tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Berikut akan kami bahas berbagai jenis mesin AMDK beserta segmentasi dan tren minuman dalam kemasan. Simak selengkapnya di sini.

Seputar Tentang Mesin AMDK (Air Minum Dalam Kemasan)

Semakin maraknya industri di Indonesia menjadikan pengolahan air mentah sendiri tentu kurang efektif karena di dalamnya pasti terdapat banyak limbah dan mineral berbahaya. Oleh karena itu, mendorong munculnya banyak pabrik air minum yang dilengkapi mesin AMDK.

Mesin AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh depot air minum. Kebutuhan akan air konsumsi yang semakin meningkat menjadikan bisnis ini memiliki peluang omzet yang menguntungkan pula. Terlebih, bila pesaing bisnis AMDK di daerah Anda masih sedikit.

Berbisnis mesin AMDK bisa dilakukan dengan skala kecil, menengah, hingga besar tergantung kemampuan produksi Anda. Kini mayoritas masyarakat pun lebih menyukai air dalam kemasan dibandingkan memasaknya sendiri karena mereka menganggap AMDK lebih terjamin membunuh bakteri dan virus.

Mesin AMDK ini berfungsi untuk mengolah air yang layak dikonsumsi menggunakan teknologi penyaringan tertentu dan dikemas dalam berbagai bentuk yang fleksibel. Misalnya, ada minuman dalam kemasan gelas 240ml, botol 330ml, botol 600ml, botol 1.500ml, dan galon 19L.

Mesin Air Minum Kemasan

Jenis-Jenis Mesin AMDK

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis mesin AMDK, ada baiknya Anda mengetahui dahulu jenis air kemasan yang biasanya tersebar di pasaran, antara lain.

  • Air mineral, termasuk yang paling sering dijumpai di pasaran. Sebab memiliki kandungan mineral yang bagus bagi tubuh, baik secara alami maupun buatan.
  • Air mineral alami merupakan air yang diperoleh dari alam sehingga benar-benar alami. Air ini biasanya diperoleh dari pegunungan.
  • Air demineral adalah air yang diproses dengan alat WTP untuk mendapatkan air yang rendah mineral, bahkan nol.
  • Air embun sebenarnya sama dengan air demineral. Namun air ini bisa diperoleh dengan cara alami, yakni melalui proses penguapan dan kondensasi yang menjadi air.
  • Air minum kondisi tertentu, biasanya ditujukan untuk memikat calon konsumen sehingga dibuat lebih unik.

Nah, untuk menjalankan bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) terdapat dua buah mesin yang harus dimiliki, yakni mesin pengolah air dan mesin packaging. Berikut penjelasannya.

  1. Mesin WTP (Water Treatment Plant)

Mesin WTP merupakan mesin yang berguna untuk mengolah air mentah menjadi air yang siap untuk dikonsumsi. Pada mesin ini terdapat berbagai tahapan yang berguna untuk menghilangkan semua bakteri dan virus sehingga diperoleh air minum dalam kemasan yang berkualitas.

  1. Mesin Kemasan (Packaging)

Mesin AMDK yang harus dimiliki oleh depot air minum adalah mesin pengemasan atau packaging. Kemasan yang dihasilkan nantinya bisa berupa gelas, botol, atau galon. Anda juga tidak perlu khawatir karena mesin packaging yang kami tawarkan ini memiliki kualitas terbaik dan sangat mudah dalam pengoperasiannya. Diantaranya sebagai berikut.

  • Cup Sealer

Cup Sealer merupakan jenis mesin AMDK berbentuk gelas atau cup. Mesin jenis ini lebih diminati di pasaran dibandingkan mesin lainnya sebab lebih praktis digunakan. Tidak hanya dipakai untuk mewadahi air mineral, mesin ini juga bisa dipakai sebagai kemasan minuman teh, kopi, atau minuman elektrolit lainnya.

Mesin AMDK Inviro ini dibagi menjadi 1, 2, 4, 8, hingga 12 line. Sebagai gambaran usaha, mesin AMDK Inviro dengan 4 line mampu menghasilkan 3.000 gelas per jamnya.

  • Mesin tutup segel galon

Sesuai dengan namanya, mesin ini berguna agar kemasan botol atau galon bisa ditutup dengan sempurna sehingga air tidak tumpah. Karena harganya yang cenderung mahal, sehingga mesin ini biasanya hanya digunakan pada industri besar.

  • Mesin kemasan botol

Mesin ini disebut pula sebagai washing, filling, dan capping machine. Nah, mesin ini fungsi utamanya adalah untuk memasukkan cairan ke dalam botol dan memastikannya agar tidak tumpah, bocor, maupun rusak.

Bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis AMDK pengisian air dalam kemasan botol. Maka Inviro juga menawarkan paket hemat yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mesin kami ini memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 330ml, 600ml, dan 1.500ml yang mampu menghasilkan hingga 400 botol/jam.

Mesin Air Minum Kemasan

Segmentasi Pasar yang Menggunakan Mesin AMDK

Mempunyai pabrik mesin AMDK yang mampu berkembang pesat adalah impian setiap orang yang memulai bisnis ini. Oleh karena itu, Anda harus memiliki analisa yang tepat sasaran mengenai segmentasi atau target pasar yang berpotensi baik bagi usaha Anda.

Bila Anda masih merasa bingung menentukan segmentasi pasar yang tepat, maka sebaiknya pelajari dahulu budaya konsumen yang akan menjadi target pasar Anda. Misalnya, apakah konsumen lebih menyukai produk minuman dalam kemasan yang efisien dan ekonomis, atau produk kemasan yang mudah dibawa bepergian.

Mesin AMDK ini umumnya digunakan oleh depot air minum yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Selain itu, untuk mesin kemasan gelas juga cukup sering dijumpai pada UMKM karena mesin ini tidak hanya bisa untuk mengemas air mineral.

Komunitas pondok pesantren yang memiliki banyak santri dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang tersebar di seluruh kecamatan adalah sasaran yang strategis bagi mesin AMDK gelas ini. ref.

Tren Minuman Dalam Kemasan Terkini

Tren minuman dalam kemasan kini semakin meningkat pesat, sehingga mendorong pelaku bisnis ini melakukan berbagai inovasi produk kemasan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen. Beberapa tren minuman dalam kemasan yang kekinian, antara lain.

  1. Minuman dalam kemasan yang bisa digunakan kembali

Masyarakat yang peduli terhadap lingkungan akan lebih menyukai produk AMDK yang bisa digunakan kembali atau disebut pula reusable. Meskipun kemasan ini biayanya lebih mahal dibandingkan kemasan plastik biasa, namun produk reusable terbukti mampu mengurangi pencemaran lingkungan.

Mesin Air Minum Kemasan

 

  1. Minuman dalam kemasan higienis

Saat ini konsumen banyak menyukai produk AMDK yang mudah dan aman dibawa bepergian. Sehingga kemasan minuman yang biasanya hanya ditutup menggunakan tutup biasa, kini harus bisa ditutup dengan bahan yang lebih higienis.

Salah satunya, dengan menutup minuman dalam kemasan menggunakan sealer atau cup lid. Nah, jadi konsumen akan merasa lebih aman membawanya pulang tanpa perlu takut air akan tumpah.

  1. Minuman dalam kemasan yang bisa didaur ulang

Nah, selain memiliki desain yang ringan dan fleksibel, masyarakat juga menyukai produk AMDK ang ramah lingkungan alias bisa didaur ulang. Misalnya, dengan menggunakan bahan PET LLDPE (Linear Low-Density Polyethilene) yang berkualitas bagus, anti bocor, mudah disimpan, dan mudah untuk didaur ulang.

Sekian penjelasan mengenai seputar informasi mesin AMDK yang bisa menambah wawasan Anda. Sebagai perusahaan terkemuka di bidang peralatan dan aksesori air minum dalam kemasan, Inviro menjual berbagai macam mesin AMDK. Diantaranya, terdapat mesin AMDK kemasan gelas, kemasan botol, dan kemasan galon.

Segera hubungi CS INVIRO dan dapatkan harga promo terbaru Bulan Juni 2022 ini. Anda juga tidak perlu khawatir karena pemasangan mesin yang kami lakukan dikerjakan oleh teknisi yang profesional di bidangnya dengan jam terbang yang tinggi. Untuk informasi selengkapnya mengenai harga dan pemesanan mesin AMDK, Anda bisa menghubungi langsung ustomer service Inviro sesuai jam operasional.

.