Pemasangan Alat Hemodialisa Sistem

Pemasangan Alat Hemodialisa Sistem

Hari ini, Pada tanggal 31 Januari 2013 kami diundang oleh instansi Pemerintah Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas (RSUD Banyumas) Jawa Tengah untuk presentasi mengenai planning project pemasangan Mesin RO (Reverse Osmosis) untuk inlet Mesin Steam yang berhubungan dengan Hemodialisa Sistem, mesin steam tersebut adalah pabrikan dari Germany dengan biaya investasi yang sangat tinggi untuk pengadaan mesin steam tersebut, rekomendasi / anjurannya adalah menggunakan inlet air RO (Reverse Osmosis) agar mesin Steam untuk Hemodialisa tersebut bisa lebih awet dalam penggunaanya.

Air RO (Reverse Osmosis) dipilih untuk inlet Mesin Steam untuk Hemodialisa karena kualitas Air RO yang bagus, TDS (Total Disolved Solids) yang hampir mendekati angka Nol (kisaran antara 4 s/d 2 PPm) yang berarti partikel-partikel zat padat terlarut yang tidak tampak oleh mata hampir tidak ada pada kandungan Air RO tersebut.

Hemodialisa merupakan suatu proses yang digunakan pada pasien dalam keadaan sakit akut dan memerlukan terapi dialysis jangka pendek (beberapa hari hingga beberapa minggu) atau pasien dengan penyakit ginjal stadium terminal (ESRD; end-stage renal disease) yang membutuhkan terapi jangka panjang atau terapi permanent. Sehelai membrane sintetik yang semipermeabel menggantikan glomerulus serta tubulus renal dan bekerja sebagai filter bagi ginjal yang terganggu fungsinya itu.

Dialisis merupakan Suatu proses yang digunakan untuk mengeluarkan cairan dan produk limbah dari dalam tubuh ketika ginjal tidak mampu melaksanakan proses tersebut.
Suatu proses pembuatan zat terlarut dan cairan dari darah melewati membrane semi permeable. Ini berdasarkan pada prinsip difusi; osmosis dan ultra filtrasi.

Lihat Juga >>  Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang Jl Perintis Kemerdekaan YK

Berikut ini beberapa Domumentasi Acara Presentasi di RSUD Banyumas Tanggal 31 Januari 2013
Pemasangan Alat Hemodialisa (1)

Pemasangan Alat Hemodialisa (2)

Referensi Tentang Hemodialisa / Hemodialisis
Hemodialisis berasal dari kata “hemo” artinya darah, dan “dialisis ” artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis berarti proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis. Hemodialisis dikenal secara awam dengan istilah ‘cuci darah’
Pada hemodialisis darah dikeluarkan dari tubuh penderita dan diedarkan dalam sebuah mesin di luar tubuh, sehingga cara ini memerlukan jalan keluar-masuk aliran darah. Untuk itu dibuat jalur buatan di antara pembuluh arteri dan vena atau disebut fistula arteriovenosa melalui pembedahan. Lalu dengan selang darah dari fistula, darah dialirkan dan dipompa ke dalam mesin dialisis. Untuk mencegah pembekuan darah selama proses pencucian, maka diberikan obat antibeku yaitu Heparin.

Sebenarnya proses pencucian darah dilakukan oleh tabung di luar mesin yang bernama dialiser. Di dalam dialiser, terjadi proses pencucian, mirip dengan yang berlangsung di dalam ginjal. Pada dialiser terdapat 2 kompartemen serta sebuah selaput di tengahnya. Mesin digunakan sebagai pencatat dan pengontrol aliran darah, suhu, dan tekanan. (Sumber)

Tags: Mesin Steam

Related Post "Pemasangan Alat Hemodialisa Sistem"

Pemasangan Depot Air Minum Kota Solo Jawa Tengah
Pemasangan Depot Air Minum Kota Solo Jawa
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang Kab Tegal Jawa Tengah
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang Kab
Pengiriman Depot Air Minum Isi Ulang Kota Tidore Maluku Utara
Pengiriman Depot Air Minum Isi Ulang Kota
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang Banten
Pemasangan Depot Air Minum Isi Ulang Banten
Silahkan, Anda Juga Bisa Konsultasi / Tanya-tanya ke kami terlebih dahulu Via FB Comment Berikut ini :